Analisa SWOT amazon, eBay dan bhineka

1.Amazon.com

Menurut sumber yang dapat dipercaya,” Amazon.com merupakan perusahaan yang bergerak dalam bidang penjualan buku secara on-line, dengan menawarkan harga serendah mungkin kepada pelanggannya. Amazon.com membuka bisnisnya pada tanggal 16 Juli 1995 dan melakukan go public pada bulan mei 1997 dengan penawaran saham sebesar 3 juta lembar dengan harga per lembar sahamnya sebesar $18”. Sejak saat itu Amazon.com merupakan salah satu pelaku eCommerce. Dalam Amazon.com memungkinkan kita untuk membeli buku dengan mudah dengan berbagai fasilitasnya, seperti: review dan informasi rating dari buku yang bersangkutan,search engine untuk memudahkan pencarian buku.
Sekarang Amazon.com juga telah merambah ke beberapa sektor lainnya seperti music dan video. Pada kasus ini, kita akan melihat analisis SWOT pada perusahaan amazon.com.
Strength (Kekuatan)
Merupakan perusahaan on-line pengecer produk media yang mendidik sekaligus menghibur.
Fungsi seperti Pengguna Review yang dianggap sebagai atribut yang positif untuk berbagi informasi dan masukan yang dapat membantu mendorong penjualan.
Amazon merupakan perusahaan online yang telah memiliki nama yang terkenal di se;eruh dunia. Pada sepuluh tahun terakhir ini telah mengembangkan basis pelanggan sekitar 30 juta orang, dan sekarang amazon.com telah memiliki memiliki kategori produk yang mencakup elektronik, mainan dan permainan, dan masih banyak lagi.
Penggunaan pasar on-line menyediakan fasilitas bagi pelanggan untuk menjual barang-barang yang tidak diinginkan, sehingga menjadi point yang berbeda bagi amazon.com untuk bersaing dengan para pengecer lainnya. Dan berhasil membangun ikatan yang kuat dengan pelanggan yang lebih muda sehingga memberikan kesetiaan kepada merek.
Weakness (Kelemahan)
Amazon tergantung pada penyampaian eksternal perusahaan untuk melaksanakan fungsi pengiriman antarmuka dengan pelanggan yang tak terkendali dapat mengakibatkan tingkat layanan dan potensi masalah biaya meningkat seperti transportasi, industry dan kenaikan bahan bakar kendaraan meningkat, serta tentang perpajakan.
Amazon menambahkan kategori baru untuk bisnis, maka risikonya dapat merusak merek. Amazon merupakan toko buku nomor satu. Toy-R merupakan pengecer nomor satu untuk produk mainan dan permainan. Bayangkan jika Toy-R mulai menjual buku. Hal ini akan merancukan dan membahayakan konsumennya dan juga mereknya. Dengan cara yang sama, banyak dari kategori baru, misalnya otomotif, dapat membuktikan terlalu membingungkan bagi pelanggan.

Opportunity (Kesempatan)
Amazon mempunyai kesempatan untuk mengembangkan hubungan khusus dengan penerbit untuk menawarkan eksklusif dan meluncurkan edisi baru penulis sebagai bagian hak eksklusif yang akan memberikan point yang berbeda di dalam pasar dan merangsang pertumbuhan.
Investasi dalam penumbuhan akan memberikan peningkatan tingkat pelayanan pelanggan sebenarnya melalui costumer service meeting. Konsumen adalah harapan yang diandalkan oleh Amazon.
Melalui perubahan dalam teknologi dan perilaku pembeli amazon telah mendapatkan pengawalan berbagi dalam LoveFilm.com, yaitu sebuah layanan online baru untuk menyediakan sewa film baru melalui pertumbuhan baru dan diversifikasi sedangkan daerah yang sudah ada dengan menggunakan teknologi yang menunjukkan tingkat biaya yang rendah.
Perusahaan tersebut kini semakin di cashing pada mandat sebagai pelopor ritel online dengan menjual keahlian yang besar untuk menyimpan kelompok. Misalnya, Inggris dan pengecer Marks Spencer mengumumkan kerjasama dengan Amazon untuk menjual produk-produknya dan layanan online. Amazon baru berbasis Luxembourg divisi khusus bertujuan untuk memberikan pelayanan kepada pengecer sebagai penyedia layanan teknologi di Eropa.
Ada juga kesempatan untuk Amazon untuk membangun kolaborasi dengan sektor publik. Misalnya perusahaan mengumumkan menangani British Library, London, pada tahun 2004. Manfaat adalah bahwa para pelanggan dapat mencari buku langka atau antik. Perpustakaan dari katalog diterbitkan bekerja sekarang di website Amazon, yang berarti telah rincian lebih dari 2.5m buku di situs.
Threat ( Ancaman)
Semua berhasil menarik kompetisi bisnis Internet. Sejak Amazon menjual produk yang sama atau mirip seperti pengecer dan bisnis online lainnya, mungkin menjadi lebih banyak dan lebih sulit untuk membedakan merek dari para pesaing. Amazon s tidak memiliki merek. Yang juga memiliki berbagai produk yang sangat besar. Jika tidak, kompetisi harga dapat merusak bisnis.
Amazon yang menjual produk yang cenderung dibeli sebagai hadiah, terutama pada hari Natal. Ini berarti bahwa ada unsur seasonality ke bisnis. Namun, oleh perdagangan di pasar luar negeri dalam berbagai budaya seperti seasonality tidak dapat bertahan .
Meningkatkan biaya transportasi akan berdampak langsung terhadap biaya pengiriman kepada pelanggan - seperti biaya-biaya tersebut tidak diserap ke dalam bisnis tetapi langsung dibayarkan kepada pihak ketiga yang diasumsikan ini akan disampaikan langsung ke konsumen yang dapat memiliki dampak negatif untuk persepsi merek dari pandangan konsumen.
2.eBay.com
Strengths
Perusahaan ini merupakan tempat perdagangan terbesar yang digunakan lebih dari 100 juta orang untuk membeli dan menjual peralatan yang dibutuhkan banyak orang.
Diklaim bahwa eBay merupakan pemimpin pasar global dalam bisnis online/perdagangan online. Di sini juga menjual barang baru dan second. Barang-barang yang dijual oleh ebay.com hampir sama seperti barang-barang yang dijual oleh amazon.com, hanya beda merk dan asal tempat barang itu diproduksi. Dari segi harga juga hampir sama dengan amazon.com
Weakness
eBay memanfaatkan keuntungan dari CRM(Customer Relationship Management),yang justru sebenarnya merupakan kelemahan.
Opportunities.
Memiliki kemampuan menyediakan kesempatan strategi bisnis yang baru.
Threat
Serangan praktek ilegal. Adanya e-mail palsu yang tidak dikenal yang dikirimkan ke eBayers yang menandakan pengirimnya dari eBay.

3.bhineka.com

Strengths
Salah satu perusahaan yang menjalankan B2C (business to customer) adalah Bhinneka.com, dimana salah satu perusahaan yang metode pembayarannya pay on the spot yang menjadi carafavorit bagi beberapa penggemar belanja online yang tidak ingin direpotkan dengan keluar rumah.
Peranan e-commerce dalam usaha system online shopping yang efektif dan efesian.
Weakness
Hanya menjual peralatan komunikasi saja, seperti handphone dan komputer beserta aksesorisnya.
Opportunities.
Memiliki kesempatan untuk mengembangkan strategi baru karena merupakan market leadernya untuk toko komputer online di indonesia.
Threat
Munculnya toko online lain yang menjual barang yang sama,akan meningkatkan saingan perdagangan.

Terima kasih telah membaca artikel tentang di blog My blog jika anda ingin menyebar luaskan artikel ini di mohon untuk mencantumkan link sebagai Sumbernya, dan bila artikel ini bermanfaat silakan bookmark halaman ini di web browser anda, dengan cara menekan Ctrl + D pada tombol keyboard anda.

Artikel terbaru :